Blog

Ada banyak orang yang berusaha untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bukan terutama untuk mencari kepuasan pribadi, namun karena didorong keinginan untuk memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat di sekelilingnya. Mereka ingin mengisi hari-harinya dengan kehidupan yang bermakna (meaningfull life). Karena alasan itu juga, sebagai konsultan, kami berusaha untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman kami melalui sejumlah tulisan. Harapan kami, semakin banyak orang, perusahaan atau organisasi yang dapat bertumbuh dan berkembang, terinspirasi oleh tulisan-tulisan tersebut. Selamat membaca.
Break Your Limits

Break Your Limit


Lukas Manalu
July 20, 2018

Zhōu-zhōu, demikian dia dipanggil, tersenyum dan membungkukkan badan dalam kepada penonton mengakhiri penampilannya malam itu. Luarbiasa, penampilannya memimpin group orkestra di gedung Carnegie, Amerika Serikat, begitu memukau. Karena itu, penonton yang melakukan standing ovation, seakan tidak mau berhenti bertepuk tangan untuk Zhōu-zhōu.

Semua Pelanggan Adalah (Bukan) Raja


Lukas Manalu
May 10, 2018

Biasanya, si pelanggan tersebut menurunkan order kalau jadwal produksi mereka sudah mepet, diikuti dengan omelan bagian pembelian yang menuduh supplier tidak profesional karena tidak bisa memenuhi keinginan mereka. Mengakhiri uneg-unegnya si manajer marketing bertanya, “apakah benar pelanggan itu raja?”

Read More

Menghindari Strategic Fallacy Dalam Perencanaan Strategi Bisnis


Lukas Manalu

Fallacy of prediction berakar dari kesalahan manajemen melakukan prediksi. Mereka dibayangi pemikiran seolah-olah bumi ini diam, sehingga proses formulasi strategi –mulai perencanaan hingga implementasi – diasumsikan berada pada situasi yang tidak berubah (lockstep).

Read More

Layani Dulu Karyawan Anda Kalau ingin Pelanggan Anda Puas


Lukas Manalu

Dia melayani karyawan terlebih dahulu, kemudian memberikan contoh bagaimana melayani para pelanggan. Pada saat penyelenggaraan kongres dokter misalnya, dia tidak memposisikan dirinya sebagai bos yang mengatur tetapi turun langsung ke lapangan, termasuk mengangkat tas atau koper dokter yang baru mendarat di bandara daerah tempat acara berlangsung.

Read More

Bila Pemimpin Tidak Memiliki Visi


Lukas Manalu

Visi bukanlah satu-satunya penentu perusahaan bisa meraih keberhasilan di masa depan. Tetapi, seperti kompas, visi merupakan arah strategik yang menuntun  kemana sebuah organisasi atau perusahaan akan melangkah. Visi tidak dapat diabaikan karena merupakan pernyataan komitmen pemimpin mengenai posisi perusahaan di masa depan.

Read More

Hati-hati, Jangan Salah Kaprah Terhadap Karyawan Pelaksana


Lukas Manalu

Penilaian yang salah kaprah ini pernah dialami Ford Motor Company, salah satu perusahaan otomotif terbesar yang berasal dari Amerika. Perusahaan ini pada tahun 1960an hampir bangkrut karena manajemen mengabaikan masukan para teknisi yang biasa merakit mobil di perusahaan ini.

Read More